Christianingrum's Blog

Pemasaran Jasa : CASE 1

CASE SERVICE MARKETING MANAGEMENT
WWW.AMAZON.COM DAN WWW.BARNESANDNOBLE.COM



Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Manajemen Pemasaran Jasa
Program Studi Magister Manajemen Bisnis










OLEH:
CHRISTIANINGRUM
1009693



SEKOLAH PASCA SARJANA
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2011




1. Rencana strategis Amazon dan Barnes and Noble


Amazon
Barnes and Noble
Pernyataan Misi
Menjadi perusahaan dunia yang berpusat pada pelanggan. (Tempat orang untuk menemukan dan mengetahui segala sesuatu yang mungkin ingin mereka beli secara online)
Sebagai penjual buku kami bertekad untuk menjadi yang terbaik dalam bisnis kami, terlepas dari silsilah, ukuran atau kecenderungan dari pesaing.
Pelanggan Sasaran
Pelanggan yang berasal dari seluruh belahan dunia.
Sasaran yang berbeda pada usia yang berbeda. "Orang-orang membawa anak-anak mereka ke toko kami untuk buku Ketika mereka menjadi remaja, mereka akan datang untuk video. Di perguruan tinggi mereka kembali untuk buku, dan setelah perguruan tinggi mereka menjadi pelanggan kami yang paling berharga. Tapi kami melayani demografis yang sama. Ini keluarga yang sama datang kembali kepada kami. " intinya barnes mencakup semua segmen usia. barnesandnoble berpijak pada teori bahwa semakin besar pangsa pasar Anda, semakin baik.
Posisi Pasar
Pemimpin pasar segmen buku online. Merupakan toko buku terbesar di dunia.
Memimpin pangsa pasar offline di seluruh kampus America dan kanada.
Produk=Jumlah Buku
Pada awalnya, amazon hanya menjual buku-buku. Namun seiring perkembangan kebutuhan manusia, akhirnya terjadi diversifikasi produk. Adapun produk yang dipasarkan amazon selain buku-buku antara lain pita VHS, DVD, CD, Software, Video games, Alat Elektronik, Tablet, MP3, Pakaian, Furniture, Mainan anak hingga Makanan
Adapun yang dipasarkan Barnes and Noble antara lain
Buku: Barnes & Noble toko menawarkan pilihan komprehensif judul buku massal perdagangan dan pasar, mulai dari 60.000 sampai 200.000 judul per toko. Bestsellers mewakili 3-5% dari seluruh penjualan BKS.
• Musik / DVD: Barnes & Banyak toko Noble memiliki musik / DVD departemen, yang berbagai ukuran dari 1.300 hingga 6.000 meter persegi dan biasanya saham lebih dari 30.000 judul. Perusahaan DVD seleksi difokuskan pada film asing, film dokumenter dan acara TV episodik.
• Majalah: Toko menjual majalah populer dan jurnal
• Buku Anak
• Cafe: Setiap toko Barnes & Noble fitur kafe, melayani merek kopi Starbucks dan berbagai makanan yang dipanggang.
e-books

Harga=Strategi umum
Penetapan harga adalah strategi umum yang diterapkan setiap bidang usaha dalam menjalankan aktifitas bisnisnya. Selain menetapkan harga pasar yang bias bersaing, amazon juga menerapkan beberapa strategi, antara lain:
1.Strategy difersifikasi. Bukan hanya buku saja yang dijual secara online, tetapi juga CD, DVD, furniture, dll.
2.Ekspansi. Dengan membuka Amazon.co.jp (untuk jepang), Amazon.co.uk, (Inggris Raya), di Jerman,Perancis.
3.Mengakuisisi beberapa perusahaan.
4. Mematenkan penemuannya, misalnya i-clik, amazon.com, dll
5.SDM yang berkualitas. Prinsip dalam mengambil tenaga kerja adalah bahwa karyawannya adalah orang yang sangat cerdas, bahkan kalau bias lebih pintar dari Jeff.
6.   Melakukan IPO
7.Amazon menerapkan strategi integrated marketing, yang menunjukan upaya perusahaan untuk memadukan dan mengkoordinasikan semua saluran komunikasi untuk menyampaikan pesannya secara jelas, konsisten dan menanamkan pengaruh yang kuat tentang amazon dan produk-produknya.
8.   Mengusahakan terciptanya Pengalaman Pelanggan (Customer Experience) dengan Layanan Pelanggan (Customer Service). Dikatakan bahwa poin kedua tersebut hanya terjadi ketika pelanggan berurusan dengan para pegawai Amazon, sementara poin pertama bersifat lebih luas mulai dari harga terendah, pengiriman tercepat, dan menerima pelayanan yang prima. Dengan demikian jelas bahwa pintu yang menjadi sasaran Amazon adalah membuat pembeli mengalami sebuah pengalaman berbelanja yang sempurna, dimana layanan pelanggan hanyalah salah satu dari pengalaman tersebut.
9.   Memberikan respon yang cepat terhadap keluhan atau complain pelanggan. Sehingga pelanggan merasa dilayani dengan baik serta mendapatkan sesuatu yang pantas atas apa yang telah dibayarkannya.

1.  Memberikian banyak asuransi kesehatan untuk para pegawainya.
2.  Merupakan toko buku pertama yang memberikan diskon sebesar 30%-40% dan diskon substansial pada barang-barang lain kepada pembelinya.
3.  Menawarkan cakupan mitra domestic
4.  Menawarkan asuransi dalam proses pengiriman barang.
5.  Mengadakan akuisisi dengan jalan membuka toko di seluruh kampus america dan kanada.
6.  Mendirikan toko buku di kampus-kampus hingga 500 toko untuk memudahkan orang untuk membeli buku.
7.  Barnes adalah toko buku yang memasang iklan di televisi.
8.  Menerapkan strategi peminjaman buku kepada orang yang memiliki minat membaca.
9.  Menawarkan bantuan penuh waktu kepada karyawannya jika karyawan memilih untuk mengambil kursus menuju gelar yang berhubungan dengan pekerjaan.


a. Nama yang akan saya berikan pada perusahaan buku online milik saya adalah “my online bookstore”. Alasan menggunakan kata My yang berarti aku yaitu makna yang dibawa dari kata aku itu sendiri. Toko buku onlineku seperti menunjukkan makna kepemilikan atas orang yang menyebutnya. Biasanya dengan adanya imbuhan kata tersebut orang bisa merasa lebih memiliki dan lebih perduli dibandingkan dengan kata lain yang tidak menggunakan imbuhan tersebut. Selain itu “my online bookstore” terkesan simple dan lebih mudah di ingat.

b. Misi dari “My Online Bookstore” adalah Menjadi toko buku online yang bisa bersaing dengan toko buku online lainnya.

c. Yang menjadi pelanggan sasaran adalah seluruh masyarakat Indonesia yang membutuhkan buku-buku dan tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat luar negeri yang membutuhkan buku dari Indonesia.

d. Posisi pasar dari “My Online Bookstore” adalah berusaha untuk memimpin pangsa pasar buku online di Indonesia. Bersaing dengan toko buku online sejenis seperti “lumbung buku” “gudang buku” dan toko buku online lainnya.

e. Produk yang saya tawarkan antara lain:

1. Menjual buku dari semua penerbit yang ada di Indonesia ( bekerja sama dengan semua penerbit dengan menawarkan promosi gratis atas buku yang diterbitkan, dan dengan adanya kerja sama ini bisa mendapatkan harga special dari penerbit dan bisa menjual buku tersebut dengan harga yang mempu bnersaing di pasaran).

2. Memasok buku ke sekolah-sekolah atau universitas dan memberikan harga yang kompetitif. Hal ini lebih memudahkan universitas atau sekolah dalam upayanya memenuhi kebutuhan buku yang digunakan dalam pembelajaran. Selain itu pembelian buku dalam jumlah yang lebih banyak biasanya akan mendapatkan diskon khusus dan bissa dijual dengan harga yang lebih murah.

3. Menjual buku pelajaran bekas yang masih layak pakai. Dalam hal ini “My Online Bookstore” bekerja sama dengan mahasiswa atau pemilik buku untuk menitipkan bukunya untuk dijual di my online bookstore dengan system pembagian keuntungan.

4. Menyediakan penyewaan buku kepada yang membutuhkan. Dalam hal ini “My Online Bookstore” bekerja sama dengan pemilik buku untuk menyewakan bukunya kepada orang yang membutuhkan (mahasiswa) dalam periode tertentu. Bisa pinjaman harian, mingguan, bulanan, dan persemester. Jadi mahasiswa tidak perlu membeli buku baru akan tetapi bisa meminjamnya di jasa peminjaman my online bookstore dengan sejumlah biaya tertentu yang telah disepakati.

5. Menerapkan Telemarketing. Telemarketing ini adalah tentang usaha menyentuh Target Market jarak jauh dengan menggunakan alat komunikasi yakni telepon. Target market dalam hal ini bisa perusahaan, sekolah, atau instansi yang erat kaitanya dengan kebutuhan akan buku.

6. Menerapkan strategi pemasaran berbasis SEO. SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization adalah suatu usaha untuk menaikkan peringkat website atau blog yang Anda gunakan untuk pemasaran di posisi hasil pencarian suatu search engine. Jadi saat orang mengetikan kata kunci “book” misalnya, maka otomatis my online bookstore akan muncul. Selanjutnya jika pengunjung sudah banyak datang, maka strategi selanjutnya dilakukan dengan menciptakan presentasi website yang menarik, menggunakan jasa pengiriman dan pembayaran yang memudahkan, menciptakan kemudahan bagi calon pelanggan untuk mengakses informasi di website, cara pemesanan produk yang mudah, memberikan garansi tentang kualitas produk/buku yang dikirimkan.

7. Selain menggunakan strategi SEO, my online bookstore juga menggunakan strategi pemasaran menggunakan autoresponden. Yakni pencatatan terhadap pelanggan yang telah bertransaksi serta bisa memfollowup mereka dengan serangkaian artikel educational/ buku-buku baru yang menunjang secara bertahap dan otomatis untuk membuat calon pelanggan menjadi seorang pembeli yang setia.

8. Strategi word of mouth. Menyediakan album testimoni bagi mereka yang telah bertransaksi di my online bookstore. Biasanya album testimony akan di isi oleh orang yang puas akan pelayanan dan merasa senang transaksi yang telah terjadi. Album testimoni itu berisi orang yang bercerita dengan suka rela tentang website, kemudahan yang didapatkan dalam berbelanja atau hal lain yang membuat mereka nyaman bertransaksi di my online bookstore. Dengan adanya album testimony bisa menumbuhkan kepercayaan bagi calon pelanggan yang ingin bertransaksi, serta menarik minat mereka untuk bertransaksi di my online bookstore.

1 komentar:

Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
francasmithloancompany@gmail.com)

Supported by


tips marketing, ilmu marketing, artikel marketingtips marketing, ilmu marketing, artikel marketing

Komplek Kampus Terpadu UBB
Jalan Raya Balunijuk
Bangka Belitung - Indonesia

My Facebook


Sahabat

 
© 2011 Christianingrum's Personal Blog
Template by : O-Zone | Modified by : Majesty